3.1 Obyek Penelitian
Obyek
penelitian adalah konsumen atau pelanggan “Usaha Nasi Kucing Kom. Mabad Lenteng
Agung Jakarta Selatan.
3.2 Data / Variabel yang digunakan
Dalam penulisan ilmiah data yang
digunakan berupa data primer, di mana data tersebut diambil berdasarkan
penelitian kuesioner yang langsung terhadap pelanggan. Dalam menentukan tingkat
kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan olehNasi Kucing
Kom. Mabad Lenteng Agung yaitu kehandalan, keresponsifan, empati, dan berwujud
untuk mengetahui pelayanan yang diberikan sebagai data berikut ini maka hal-hal
yang akan diteliti oleh penulis :
a. Jenis Pelayanan
b. Harga yang ditetapkan
c. Makanan yang ditawarkan
d. Kecepatan
e. Waktu menunggu (mengantri)
f. Kecekatan (Cepat tanggap)
g. Efektifitas
h. Keahlian/keterampilan
i. Perhatian
j. Keramahan
k. Komunikasi efektif
l. Lokasi yang strategis
m. Kelengkapan dan kebersihan
n. Kerapihan dan kenyamanan
3.3 Teknik Pengambilan Sampel
Dalam
penulisan ini teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Acak Sederhana (
Simple Random Sampling ) dimana dalam pengambilan sampel tiap sampel yang
berukuran sama memiliki suatu probabilitas atau kesempatan yang sama untuk
terpilih dari populasi.
1. Populasi adalah kumpulan dari individu
dengan kualitas serta ciri - ciri yang telah ditetapkan. Kualitas atau
ciri-ciri tersebut dinamakan variabel. Populasi penelitian merupakan para
pelanggan sego kucing yang menggunakan pelayanan jasa pada Nasi Kucing Kom.
Mabad Lenteng Agung.
2. Sampel adalah bagian dari populasi.
Survei sampel dapat didefinisikan sebagai suatu prosedur dimana hanya sebagian
dari populasi saja yang digunakan untuk menentukan sifat serta ciri yang
dikehendaki dari populasi. Sampel penelitian merupakan 10 orang pelanggan dari
keseluruhan populasi yang diperoleh penulis dengan menggunakan sampling acak
yaitu penulis mengambil sampel secara acak dimana masing-masing responden
memiliki peluang yang sama untuk menjadi sampel.
3.4 Metode Pengumpulan Data
Dalam
penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah:
1) Kuesioner
Kuesioner
adalah alat pengumpulan data dengan kuesioner yang digunakan dalam peneltitian
ini dimana 10 orang responden mengambil jawaban yang paling relevan untuk
menjawab pertanyaan yang sesuai.
Kuesioner
yang dibuat dalam penelitian ilmiah ini terdiri dari 14 pertanyaan yang berkaitan
dengan tingkat pelayanan. Daftar pertanyaan yang berkaitan dengan kualitas
pelayanan mengandung 5 variabel diantaranya :
a. Reability (kehandalan), yaitu jenis
pelayanan yang diberikan.
b. Responsiveness (kecepatan), yaitu kemampuan
untuk membantu dan memberikan pelayanan dengan cepat. Kemampuan tersebut adalah
tanggapan terhadap keluhan dari konsumen, cepat dalam pelayanan, mempunyai
inisiatif dalam memberikan informasi dan pelayanan kepada pelanggan.
c. Assurance (jaminan), yaitu
profesionalisme, kesopanan, dan kemampuan karyawan untuk menimbulkan
kepercayaan dan keyakinan. Yang akan diteliti adalah profesionalisme dan
kemampuan karyawan dalam menangani pelanggan.
d. Emphaty
(perhatian), yaitu perhatian secara individu kepada pelanggan. Yang akan
diteliti adalah sikap sopan kepada pelanggan, memberikan perhatian penuh kepada
masing-masing pelanggan serta sikap tanggap karyawan terhadap pelanggan.
e. Tangibles (wujudnya), yaitu tampilan fisik
Nasi Kucing Kom. Mabad Lenteng Agung seperti kelengkapan, kebersihan,
kenyamanan, dan fasilitas.
3.5 Alat Analisis yang Digunakan
Skala
Pengukuran
Di
dalam penulisan ini penulis menggunakan skala Likert, yaitu merupakan jenis
ordinal, juga tidak bisa dilakukan operasi matematika (x,/,+,- dan ^). Skala
Likert memberikan sekor 1-5 untuk mengetahui derajat responden terhadap
serangkaian pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner (M.Iqbal Hasan 2002:27).
Berdasarkan jumlah responden 100 orang, maka dapat ditentukan bobot penilaian
dengan menggunakan interval, yang dapat dihitung melalui nilai tertinggi dan
terendah sebagai berikut :
Tabel 3.1
|
|
Penelitian dan
Kelas interval
|
|
Kategori
|
Kelas Interval
|
Sangat Puas
|
420 – 499
|
Puas
|
340 –419
|
Cukup Puas
|
260 – 339
|
Tidak Puas
|
180 – 259
|
Sangat Tidak Puas
|
100 – 179
|
Tabel 3.2
|
|
Interval Bobot
|
|
Kategori
|
Bobot
|
Sangat Puas (SP)
|
5
|
Puas (S)
|
4
|
Cukup Puas (CP)
|
3
|
Tidak PuasC(TP)
|
2
|
Sangat Tidak Puas (STP)
|
1
|
Penggolongan
kategori tiap indikator dihitung berdasarkan nilai yang diperoleh dari hasil
kuisioner dengan mengalikan besar bobot pada kategori yang ditentukan dengan
jumlah responden yang telah menjawab masing-masing kategori (j.supranto
(2003:407)) . Dari jumlah nilai yang didapat maka penilaian terhadap responden
dapat dikelompokan menjadi kelas-kelas interval sebagai berikut.
a. Nilai tertinggi =
total responden X bobot tertinggi
= 10 X 5
= 50
b. Nilai terendah =
total responden X bobot terendah
= 10 X 1
= 10
c. Jarak = nilai tertinggi – nilai terendah
= 500 – 100
= 400
d. Interval = jarak / banyaknya
kelas
= 400 / 5
= 80
Maka
ditentukan pengelompokan sebagai berikut :
3.5 Alat Analisis
Metode
yang digunakan untuk menganalisis data yaitu metode chisquare (walpole,1995)
metode chisquare digunakan untuk pengujian hipotesa digunakan dengan rumusan
sebagai berikut:
( Fo – Fe )2
X2 =
∑
Fe
Dengan
keterangan :
X2 : Chi
Square Hitung
Fo :
Frekuensi Observasi
Fe : Frekuensi Harapan
Menggunakan
tingkat signifikan a= 5% = 0,05.
Dengan
hipotesa penelitian sebagai berikut :
Ho :
Konsumen Usaha Nasi Kucing Kom. Mabad Lenteng Agung tidak puas terhadap
pelayanan yang diberikan
Ha :
Konsumen Usaha Nasi Kucing Kom. Mabad Lenteng Agung puas terhadap pelayanan
yang diberikan.
Dan
dengan Langkah – langkah hipotesis :
1. Ho : Konsumen Usaha Nasi Kucing Kom. Mabad
Lenteng Agung tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan
Ha :
Konsumen Usaha Nasi Kucing Kom. Mabad Lenteng Agung puas terhadap pelayanan
yang diberikan.
2. Taraf nyata (α) : 5% = 0,05
3. Derajat Bebas (Db) = k-m-1
4. Wilayah kritis
X2
tabel = X2 (α ;Db)
5. Nilai Hitung
0 komentar:
Posting Komentar